Kumpulan Doa Haji yang Dianjurkan: Untuk Kesempurnaan Ibadah Haji
27 October 2023

Ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam yang membutuhkan persiapan matang dari para jamaahnya. Selain memastikan kesiapan fisik dan teknis, doa-doa yang dianjurkan juga memegang peran penting dalam menjalankan ibadah ini. Berikut adalah kumpulan doa haji yang sebaiknya diamalkan untuk memastikan kesempurnaan ibadah.

 

Niat Haji: Mengawali Perjalanan dengan Kesungguhan Hati

Sebelum memulai ibadah haji, sangat penting untuk memastikan niat yang tulus dan sungguh-sungguh. Doa niat haji merupakan wujud dari kesungguhan dalam beribadah. Mengucapkan niat secara lisan juga memperkuat kesungguhan hati. Niat dalam ibadah haji adalah:

 

“Nawaitul hajja waahramtu bihilillahi ta’ala Labbaika. Allahumma Hajjan”

 

Artinya: “Aku berniat melaksanakan ibadah haji dan ihram karena Allah. Aku menyambut panggilan-Mu untuk pergi haji.”

 

Talbiyah: Komunikasi dengan Sang Pencipta

Talbiyah adalah doa haji yang dilantunkan sejak ihram hingga memasuki Masjidil Haram. Meskipun bersifat sunnah, melantunkannya sangat dianjurkan, karena telah dilakukan oleh Rasulullah. Doa Talbiyah adalah:

 

“Labbaikalla humma Labbaikh. Labbaikalaa Syariika Laka Labbaik. Innal Hamda Wa Ni’mata Lakawal Mulk Laa Syariikalakaa”

 

Artinya: "Aku datang memenuhi panggilan-Mu Ya Allah, aku datang. Aku penuhi panggilan-Mu Ya Allah, tiada sekutu bagimu-Mu, aku penuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji, semua nikmat, dan kerajaan hanya milik-Mu, tidak ada sekutu bagi-Mu Ya Allah."

 

Doa Memasuki Kota Mekah: Memohon Perlindungan dan Keselamatan

Sebelum memasuki kota suci Mekah, para jemaah calon haji sebaiknya membaca doa berikut:

 

"Allahumma haadza haramuka wa amnuka faharrimlahmi wadamii wabasyarii ‘alannar, wa aminnii min ‘adzabika yauma tab’atsu ‘ibaadaka waj’alnii min auliyaa ika wa ahli thoo’atik."

 

Artinya: "Ya Allah, kota ini adalah tanah Haram-Mu dan tempat yang aman. Hindarkanlah daging, darah, rambut, bulu, dan kulitku dari neraka. Amankanlah aku dari siksa-Mu pada hari Engkau membangkitkan aku ke dalam golongan aulia-Mu dan ahli ta’at pada-Mu."

 

Doa Saat Melihat Kakbah: Memohon Kesejahteraan

Ketika melihat Kakbah, para jemaah dapat melafalkan doa berikut:

 

"Allahumma Antas Salaamu Wa Minkas Salaamu Hayyinaa Rabbana Bissalaami"

 

Artinya: "Ya Allah, Engkau adalah Maha Sejahtera. Kaulah sumber segala kesejahteraan. Berikanlah kami hidup yang sejahtera."

 

Doa Sa’i: Keberkahan dalam Perjalanan

Doa Sa'i adalah doa yang dilantunkan ketika melakukan aktivitas berjalan antara Bukit Shafa dan Marwah. Doa ini membawa berkah dalam perjalanan panjang ini:

 

"Abda Ubimaa Ba’da Allahu Bihi Warasuulluh. Innasshafaa Wa Marwata Min Sya’Aairillaah Faman hajjal Baita Awi’tamara fallaa junaaha ‘alaihi Ansyathawwa Fabi himaa Wamantathawwa ‘Akhairan Fa Innallaha Syaakirun ‘Aliim"

 

Artinya: "Aku memulai apa yang sudah dimulai oleh Allah dan oleh Rasul. Sesungguhnya bukit Shafa dan bukit Marwah sebagian dari tanda kebesaran Allah. Barang siapa yang pergi haji ke rumah Allah atau umrah maka tidak ada dosa bagi yang mengerjakan sa’i diantara keduanya."

 

Doa Tawaf: Memutari Kakbah dengan Ikhlas

Tawaf adalah rukun haji yang harus dilaksanakan. Doa niat tawaf adalah:

 

“Allaahumma Inni Nawaitu Thawaafa Baitikal Mu’azhzhami Sab’ata Asyawaathin Fassiru Lii Wa Taqabbalhu Minnii Bismillaahi Allahu Akbaru Allahu Akbaru Wa Lillaahil Hamdu”

 

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku berniat tawaf di rumah-Mu yang agung ini sebanyak 7 (tujuh) kali. Mudahkanlah untukku dan terimalah tawafku dengan menyebut nama Allah, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, dan segala puji bagi Allah."

 

Melalui doa-doa ini, para jamaah haji dapat memperkuat kesungguhan dan kekhusyukan dalam menjalankan ibadah haji. Semoga kemurnian ibadah haji menjadi anugerah bagi setiap jemaah yang berangkat untuk memenuhi panggilan Allah.

Berita Terkini Lihat Semua